1.Sebutkan, Jelaskan dan berikan Contoh apa yang anda ketahui tentang prinsip-prinsip desain grafis animasi
Prinsip
desain terdiri atas lima yaitu keseimbangan (balance), kesatuan (unity), ritme
(rhytm), penekanan (emphasis), dan proporsi.
1. Keseimbangan (balance)
Sesuai
namanya keseimbangan di sini berarti keseluruhan komponen-komponen desain harus
tampil seimbang. Tidak berat sebelah. Desainer harus memadukan keseimbangan
antara tulisan, warna, atau pun gambar sehingga tidak muncul kesan berat
sebelah. Ada dua pangkal pokok yang dipakai dalam menerapkan keseimbangan,
yaitu keseimbangan simetris dan asimetris. Di mana simetris berdasarkan
pengukuran dari pusat yang menyebar ke arah sisi dan kanan. Sedangkan asimetris
berarti pengaturan yang berbeda dengan berat benda yang sama di setiap halaman,
2. Kesatuan (unity)
Kesatuan
dalam prinsip desain grafis adalah kohesi, konsistensi, ketunggalan atau
keutuhan, yang merupakan isi pokok dari komposisi. Dengan prinsip kesatuan
dapat membantu semua elemen menjadi sebuah kepaduan dan menghasilkan tema yang
kuat, serta mengakibatkan sebuah hubungan yang saling mengikat. Karena penting
adanya menyuguhkan klien sebuah desain yang mengandung arti yang kuat sesuai
dengan tema yang diminta.
3. Ritme (rhythm)
Ritme
adalah pembuatan desain dengan prinsip yang menyatukan irama. Bisa juga berarti
pengulangan atau variasi dari komponen-komponen desain grafis. Irama dihasilkan
oleh unsur-unsur yang berbeda dengan pola yang berirama dan unsur serupa serta
konsistensi. Jenis irama meliputi regular, mengalir(flowing), dan prosesif atau
gradual.
4. Penekanan (emphasis)
Dalam
setiap bentuk desain ada hal yang perlu ditonjolkan lebih dari yang lain.
Tujuan utama dari penekanan ini adalah untuk mewujudkan hal itu sehingga dapat
mengarahkan pandangan khalayak sehingga apa yang mau disampaikan tersalur. Tapi
yang perlu diingat adalah tidak semua elemen harus ditonjolkan karena bila itu
terjadi, desain akan berakhir terlalu ramai dan pensan tidak dapat disampaikan.
5. Proporsi
Proporsi
merupakan hubungan perbandingan antara bagian dengan bagian lain atau bagian
dengan elemen keseluruhan. Dapat diartikan pula sebagai perubuhan ukuran/size
tanpa perubahan ukuran panjang, lebar, atau tinggi, sehingga gambar dengan
perubahan proporsi sering terlihat distorsi.
Nah,
itu prinsip-prinsip desain yang harus dipahami serta diterapkan dalam
pembuatannya. Jangan sampai kalian yang calon desainer salah lagi ya. Untuk
memperdalam skill kamu supaya makin kece, IDS |International Design School membuka sekolah desain yang akan menjadikanmu
next professional designer!
2. Sebutkan
dan jelaskan kelebihan dari desain grafis atau animasi di bandingkan dengan
media lain
Desain
grafis adalah sebuah cabang seni yang menyajikan unsur grafis untuk
menyampaikan informasi. Pada masa ini, desain grafis berperan sangat penting
terutama dalam penyampaian informasi kepada publik. Desain grafis sendiri dapat
dilakukan dengan bantuan aplikasi seperti CorelDraw, PhotoShop, Adobe
Ilustrator, maupun yang lainnya.
Kelebihan
desain grafis adalah mampu menyajikan gambar yang menyampaikan lebih banyak
informasi daripada teks. Sementara itu kelemahannya terletak pada kemampuan
persepsi. Tidak semua orang memiliki kemampuan persepsi yang sama dalam
menginterpretasikan makna di balik grafis yang dibuat.
3. Jelaskan
dan berikan contoh cara animasi penyampaikan informasi kepada user yang dituju
Multimedia
dapat menyampaikan dan menyebarkan informasi dengan cara baru
yang
informatif dan efisien. Menurut James A Senn. Multimedia terdiri dari beberapa
unsur
program yang masing-masing unsur menyediakan fasilitas bagi penggunanya,
yaitu:
-
Teks
Bagian
multimedia ini menayangkan tulisan di layar. Teks merupakan cara yang
cepat
untuk menyampaikan dan menyebarkan informasi, sedangkan teks akan selalu
digunakan
dalam setiap program.
-
Gambar
Gambar
yang digunakan dalam produksi-produksi multimedia berkisar dari klip art
sederhana
sampai fotografi. Dengan melihat gambar, akan menghasilkan pengaruh
yang
kuat dibandingkan hanya sekedar membacanya saja.
-
Film
Dengan
suatu bagian atau program multimedia, komputer dapat berubah menjadi
seperangkat
televisi, memungkinkan untuk menghadirkan atau menyaksikan suatu
film
yang diputar berulang-ulang.
-
Animasi
Pada
dasarnya, animasi adalah menayangkan gambar-gambar secara bargantian,
hingga
mata kita menangkap pergantian gambar-gambat sebagai sebuah
pergerakan.
Kadang-kadang animasi dapat mengekspresikan suatu unsur yang lebih
mengena
karakteristiknya dibandingkan film.
-
Suara
Dengan
suara, sebuah animasi akan terasa lebih indah karena suara akan
menciptakan
suasana yang lebih hidup, menghilangkan rasa jenuh dan menjadi
sebuah
daya tarik tersendiri bagi pemakai aplikasi tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar